1. Project Name
Sebuah project adalah suatu
kegiatan yang dilakukan pada saat tertentu untuk mendapatkan khususnya tujuan
organisasi dengan batasan waktu dan biaya. Seseorang atau sekelompok orang yang
ingin membuat suatu project pasti harus mengetahui project apa atau tema apa
yang akan mereka ambil, ini merupakan langkah awal pembuatan project. Maka,
dalam penulisannya project name merupakan awal pembuatan penulisan ini, project
name adalah nama dari project itu sendiri.
2. Project Owner
Owner atau pemilik dalam
bahasa indonesia. Dengan kata lain, Project Owner merupakan seseorang atau
instansi yang memiliki proyek atau pekerjaan dan memberikanya kepada pihak lain
yang mampu melaksanakannya sesuai dengan perjanjian kontrak kerja. Untuk
merealisasikan proyek, seorang owner memiliki kewajiban pokok untuk memberikan
dana untuk membiayai proyek.
3. Project Character
Project Character adalah
dokumen yang dibuat oleh sponsor atau project initiator yang secara formal
mempunyai kewenangan atas suatu project, dan memberikan kewenangan kepada
project manager untuk menggunakan resource pada aktivitas-aktivitas project.
Selain itu, project charter juga mencakup elemen-elemen persiapan dari skup
project (mencakup yang termasuk dan tidak termasuk di dalam project). Project
charter juga membantu untuk mengkontrol perubahan terhadap skup selama project
berlangsung.
Project Charter merupakan
gambaran secara umum project yang akan dilaksanakan, project charter juga
merupakan alat untuk mencapai kesepakatan di antara para stakeholder mengenai
aspek-aspek utama di dalam project seperti tujuan, skup, deliverables, dan
sumberdaya yang dibutuhkan. Project charter membantu dalam mengambil keputusan
dan bisa juga sebagai alat komunikasi.
4. Project Manager
Hal utama yang harus
dilakukan oleh Project Manager adalah berhubungan langsung dengan tim proyek
untuk pihak luar. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan laporan mengenai
rencana dan program ada kepada user, manajer tingkat atas dan kepada siapa saja
yang memerlukan.
Tanggung Jawab Project Manager
Secara Khusus Dalam Setiap Fase: Definisi (Definition), Analisis (Analysis), 3.
Disain (Design), Pemrograman (programming), Sistem integrasi dan Tes (system
integration And Test), Penerimaan (Acceptance), dan Operasi (Operation)
5. BISNIS ANALIS
Analisis bisnis merupakan
proses evaluasi prospek ekonomi dan risiko perusahaan. Hal tersebut meliputi analisis
atas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi keuangan dan
kinerjanya.
Jenis-jenis analisis bisnis
Analisis laporan keuangan
merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari analisia bisanis. Sasaran
analisis bisnis ialah untuk meningkatkan pengambilan keputusan bisnis dengan
mengevaluasi informasi yang tersedia tentang situasi keuangan perusahaan,
menejemennya, rencana dan strateginya, serta lingkungan bisnisnya. Analisis
bisnis diterapkan dalam banyak bentuk dan merupakan suatu bagian penting dari
keputusan analisis efek, penasehat investasi, manejer reksa dana (fund
manager), bankir investasi (investment banker), pemeringkat kredit (credit
raters), bankir korporasi (corporate bankers) dan investor individual.
6. FUNGSIONAL
Functionalism-fungsionalisme:
Berasal dari bahasa Latin funger =
saya laksanakan. Merupakan aliran psikologi yang timbul di Amerika Serikat,
dengan tokoh-tokohnya: William James (1842-1910), John Dewey (1859-1952), James
Rowland Angell (1869-1949). Aliran ini menganggap proses mental yang berupa
cerapan indra, emosi, pemikiran sebagai fungsi dari organisme biologis dalam
penyesuaiannya terhadap lingkungan serta pengendalian lingkungannya. Timbulnya
Fungsionalisme sebagai reaksi terhadap psikologi struktural yang berpendirian
bahwa tugas psikologi adalah mengadakan analisis dan memberikan deskripsi
terhadap kesadaran.
Function
(bhs. Latin, Functio, performansi, eksekusi, fungsi).
1. Aktifitas Lazim (wajar, normal,
karakteristik) dari sesuatu dalam sebuah sistem.
2. Kekuatan atau fakultas tindakan dalam cara
tertentu yang unik bagi suatu kelompok.
3.
Operasi konseptual dari himpunan-himpunan teratur yang saling berhubungan dan
emmiliki korespondensi atau ketergantungan satu sama lain.
7. QUALITY ASSURANCE
Adalah
suatu sistem pengendalian kualitas yang harus dipenuhi didalam pembuatan produk
dari mulai proses awal hingga akhir sehingga didapatkan out put produk dengan
kualitas yang terjamin.
Tujuan Quality Assurance
Adalah
untuk memberikan kepuasan dan kepercayaan kepada konsumen bahwa produk yang
dipakai telah memenuhi standar dengan kualitas yang baik dan handal.
8. System Development Life Cycle (SDLC)
SDLC
adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan
programmer dalam membangun sistem informasi. Langkah yang digunakan meliputi :
1.
Melakukan survei dan menilai kelayakan proyek pengembangan sistem informasi
2.
Mempelajari dan menganalisis sistem informasi yang sedang berjalan
3.
Menentukan permintaan pemakai sistem informasi
4.
Memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik
5.
Menentukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
6.
Merancang sistem informasi baru
7.
Membangun sistem informasi baru
8.
Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru
9.
Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru bila
diperlukan
System Development Lyfe Cycle (SDLC) adalah keseluruhan
proses dalam membangun sistem melalui beberapa langkah. Ada beberapa model
SDLC. Model yang cukup populer dan banyak digunakan adalah waterfall. Beberapa
model lain SDLC misalnya fountain, spiral, rapid, prototyping, incremental,
build & fix, dan synchronize & stabilize.
Dengan
siklus SDLC, proses membangun sistem dibagi menjadi beberapa langkah dan pada
sistem yang besar, masing-masing langkah dikerjakan oleh tim yang berbeda. Dalam
sebuah siklus SDLC, terdapat enam langkah. Jumlah langkah SDLC pada referensi
lain mungkin berbeda, namun secara umum adalah sama.
Langkah tersebut adalah
1.
Analisis sistem, yaitu membuat analisis aliran kerja manajemen yang sedang
berjalan
2.
Spesifikasi kebutuhan sistem, yaitu melakukan perincian mengenai apa saja yang
dibutuhkan dalam pengembangan sistem dan membuat perencanaan yang berkaitan
dengan proyek sistem
3.
Perancangan sistem, yaitu membuat desain aliran kerja manajemen dan desain
pemrograman yang diperlukan untuk pengembangan sistem informasi
4.
Pengembangan sistem, yaitu tahap pengembangan sistem informasi dengan menulis
program yang diperlukan
5.
Pengujian sistem, yaitu melakukan pengujian terhadap sistem yang telah dibuat
6.
Implementasi dan pemeliharaan sistem, yaitu menerapkan dan memelihara sistem
yang telah dibuat
Siklus SDLC dijalankan secara berurutan, mulai dari
langkah pertama hingga langkah keenam. Setiap langkah yang telah selesai harus
dikaji ulang, kadang-kadang bersama expert user, terutama dalam langkah
spesifikasi kebutuhan dan perancangan sistem untuk memastikan bahwa langkah
telah dikerjakan dengan benar dan sesuai harapan. Jika tidak maka langkah
tersebut perlu diulangi lagi atau kembali ke langkah sebelumnya.
Kaji ulang yang dimaksud adalah pengujian yang sifatnya
quality control, sedangkan pengujian di langkah kelima bersifat quality
assurance. Quality control dilakukan oleh personal internal tim untuk membangun
kualitas, sedangkan quality assurance dilakukan oleh orang di luar tim untuk
menguji kualitas sistem. Semua langkah dalam siklus harus terdokumentasi.
Dokumentasi yang baik akan mempermudah pemeliharaan dan peningkatan fungsi system.
9. ANALIS
Pengertian
ANALIS adalah Suatu sistem akan dirancang oleh satu orang atau sekelompok orang
yang membentuk tim. Orang yang merancang sistem disebut ANALIS.
FUNGSI ANALIS :
1.
Mengidentifikasikan masalah – masalah dari pemakai / user
2.
Menyatakan secara spesifik sasaran yg harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan
user
3.
Memilih alternatif – alternatif metode pemecahan masalah
4.
Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dgn permintaan user
TUGAS -TUGAS UMUM DARI ANALIS :
1.
Mengumpulkan & menganalisis formulir, dokumen , file yg berkaitan dgn
sistem yg berjalan.
2.
Menyusun dan menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi ) dari sistem yg
berjalan kepada user.
3.
Merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikan aplikasi -aplikasi untuk
penerapannya pada komputer.
4.
Menganalisis & menyusun biaya-biaya & keuntungan dari sistem yg baru
5.
Mengawasi semua kegiatan dalam penerapan sistem yg baru.
TUGAS -TUGAS TEKNIK DARI ANALIS :
1.
Menyiapkan gambaran kerja dalam menerapkan sistem baru.
2.
Menyusun prosedur-prosedur untuk pengawasan.
3.
Menyusun data flow diagram (DFD), Structured Analysis and Design Technique
(SADT), dan sistem flowchart untuk merancang sistem baru secara detail.
4.
Merancang pola pengawasan terhadap data yg bersifat sangat penting
5.
Menyusun file-file utk digunakan dalam komputer, agar sistem baru dapat
berjalan efektif.
6.
Merancang bentuk input/output agar mudah dibaca oleh user
7.
Menyusun dokumentasi tentang pekerjaan yg dilakukan oleh sistem analis dlm
merancang sistem yg baru.
PRIBADI ANALIS
1.
Mampu bekerja sama
2.
Mampu berkomunikasi dengan baik
3.
Mempunyai sopan santun
4.
Mempunyai pendirian yang tegas
5.
Mampu bersikap dewasa
6.
Mampu bersikap tegas
7.
Dapat bertindak secara metodik
8.
Dapat bersikap akurat dalam memperhitungkan biaya-biaya
9.
Mempunyai sifat kreatif
LANGKAH KERJA ANALIS
1.
Tahap Mengidentifikasikan masalah kebutuhan user
2.
Tahap Melaksanakan studi kelayakan
3.
Tahap Analisis dan rancang sistem
4.
Tahap Penerapan sistem
5.
Tahap Evaluasi dan pemeliharaan
10. Desainer
Desainer
adalah seseorang yang merancang sesuatu. Definisi yang terluas, kemungkinan
diberikan oleh seorang psikolog bernama Herbert Simon: Everyone designs who
devises courses of action aimed at changing existing situations into preferred
ones, artinya: "Setiap orang mendesain untuk merencanakan serangkaian
aktivitas yang bertujuan untuk mengubah situasi yang ada menjadi lebih
baik" .
11. Programmer
Programmer Komputer adalah profesi
yang bertugas untuk membuat sebuah program melalui bantuan bahasa pemrograman
yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan melalui otomasi dengan
bantuan perangkat lunak atau software. Tugas inti dari seorang programmer sama
seperti tugas sebuah program itu sendiri. Sebuah program itu didesain dan
dikembangkan agar mampu membatu manusia sebagi pengguna (user) dalam mengatasi
kegiatan kesehariannya. Jadi, tugas seorang programmer komputer adalah menolong
manusia menyelesaikan kegiatan sehari-harinya dengan bantuan komputer. Dari hal
tersebut, terlihat jelas bahwa seorang programmer komputer merupakan orang yang
sangat berjasa kepada masyarakat, seperti halnya dokter, perawat, akuntan dan
lainnya.
12. Database administrator
Pengertian Database administrator
Database
administrator adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap penanganan
database di dalam suatu organisasi, tanggung jawabnya meliputi:
-
Bertanggung jawab terhadap keamanan database.
-
Perancangan dan koordinasi secara keseluruhan dari database.
-
Mengembangkan skema.
-
Membuat dokumen sistem dan penggunaannya.
-
Menentukan organisasi data.
-
Penerapan terhadap DBMS.
-
Pengetesan dan pemeliharaan sistem database.
-
Menjadi penengah antara pemakai dan manajemen.
-
Bertanggung jawab terhadap seluruh operasi dari sistem dasar data.
-
Menerapkan prosedur darurat di dalam kasis terjadinya kegagalan sistem atau
kerusakan database.
- Melatih
dan mendidik personil yang berhubungan
dengan database.
13. UAT – User Acceptance Test MyInfo
Indosat
UAT
adalah singkatan dari User Acceptance Testing. Secara kasar, User Acceptance
Testing adalah testing kotak-gelap software yang kita buat oleh user-akhir
untuk mengetes apakah semua fungsi dan fitur berjalan dengan baik.
Caranya,
user mencoba software kita untuk semua kondisi data dan mencocokkannya dengan
hasil yang diharapkan. Apabila hasil semua tes sesuai dengan keluaran yang
diharapkan, maka tes tersebut dinyatakan berhasil. Apabila ada beberapa /
sebagian fitur yang tidak memberikan keluaran yang diharapkan, maka aplikasi
diperbaiki untuk disesuaikan dengan keluaran yang diharapkan atau ditolak.
Testing and development period
Tahap
UAT sebenarnya sudah memasuki tahap akhir dari sebuah seri software testing.
Nama lain yang juga umum digunakan untuk menggambarkan fase UAT adalah Beta
testing. Tahap-tahap pengetesan software umumnya melewati 4 tahapan:
a.
Pre-alpha testing
b.
Alpha testing
c.
Beta testing
d.
Release
14. Release Strategy
Strategi
sendiri adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan
gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
Jadi Strategi Rilis adalah sebuah cara untuk mencapai tujuan rilis dari produk
apa yang tengah dipasarkan.
15. Check Sheet QA
cara
yang terstruktur cara untuk mengumpulkan data sebagai bahan untuk menilai
proses atau sebagai masukan untuk analisis lain. Check sheet dapat didefiniskan
sebagai lembar yang dirancang sederhana berisi daftar hal-hal yang perlukan
untuk tujuan perekaman data sehingga pengguna dapat mengumpulkan data dengan
mudah, sistematis, dan teratur pada saat data itu muncul di lokasi kejadian. Data dalam check sheet
baik berbentuk data kuantitatif maupun kualitatif dapat dianalisis secara cepat
(langsung) atau menjadi masukan data untuk peralatan kualitas lain, misal untuk
masukan data Pareto chart.
16. Design Form
Design
adalah sebuah hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Disini Design Form merupakan
sebuah ilustrasi tata letak dari proyek itu sendiri. Design Form dibuat oleh
seorang Designer, yang sudah dijelaskan diatas.
17. Project Schedule / Timeline
Project Schedule
atau jadwal proyek
dibuat oleh project
manager untuk mengatur
manusia di dalam proyek
dan menunjukkan kepada
organisasi bagaimana pekerjaan
(proyek) akan dilaksanakan. Ini
adalah alat untuk
memantau (bagi project
manager) apakah proyek
dan tim masih terkendali atau
tidak.
Project
schedule berbentuk kalender yang dihubungkan dengan pekerjaan yang harus
dikerjakan dan daftar resource yang dibutuhkan. Sebelum jadwal dibuat, WBS
harus terlebih dahulu ada, jika tidak maka jadwal tersebut akan terkesan
mengada-ada.
Sumber :